Twitter
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ini adalah versi yang telah diperiksa dari halaman
initampilkan/sembunyikan detail
TwitterTwitter 2010 logo.svg.png
URL Twitter.com
Komersial? Ya
Jenis situs Mikroblog
Pendaftaran Diperlukan
Bahasa Multibahasa
Pemilik Twitter, Inc.
Pencipta Obvious,
LLC[1]
Diluncurkan 13
Juli 2006
Pendapatan $400,000
Q3 (2009)[2]
Status Aktif
Logo Twitter hingga 14 September 2010.
Twitter adalah sebuah situs web yang dimiliki dan
dioperasikan oleh Twitter Inc., yang menawarkan jejaring sosial berupa
mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan
yang disebut kicauan[3] (tweets). Kicauan adalah teks tulisan hingga 140
karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna. Kicauan bisa dilihat
secara luar, namun pengirim dapat membatasi pengiriman pesan ke daftar
teman-teman mereka saja. Pengguna dapat melihat kicauan penulis lain yang
dikenal dengan sebutan pengikut.
Semua pengguna dapat mengirim dan menerima kicauan melalui
situs Twitter, aplikasi eksternal yang kompatibel (telepon seluler), atau
dengan pesan singkat (SMS) yang tersedia di negara-negara tertentu. Situs ini
berbasis di San Bruno, California dekat San Francisco, di mana situs ini
pertama kali dibuat. Twitter juga memiliki server dan kantor di San Antonio,
Texas dan Boston, Massachusetts.
Sejak dibentuk pada tahun 2006 oleh Jack Dorsey, Twitter
telah mendapatkan popularitas di seluruh dunia dan saat ini memiliki lebih dari
100 juta pengguna. Hal ini kadang-kadang digambarkan sebagai "SMS dari
internet".
Daftar isi
[sembunyikan]
1 Sejarah
1.1
Pertumbuhan
2 Secara
Keseluruhan
2.1 Pesan
2.2 Konten
Dalam Twitter
2.2.1
Laman Utama (Home)
2.2.2
Profil
2.2.3
Pengikut (Follower)
2.2.4
Ikutan (Following)
2.2.5
Gamitan[4] (Mentions)
2.2.6
Favorit
2.2.7
Pesan Langsung (Direct Message)
2.2.8
Tagar[5] (Hashtag)
2.2.9
Senarai[6] (List)
2.2.10
Topik Hangat (Trending Topic)
2.3 Isi
Kicauan
2.4 Peringkat
2.5 Aplikasi
pihak ketiga
2.6 Demografi
3 Kerahasiaan
pribadi dan keamanan
4 Penggunaan
Twitter di Indonesia
5 Riset dan Kritik
6 Referensi
7 Pranala luar
8 Catatan kaki
[sunting] Sejarah
Twitter berawal dari sebuah diskusi yang diselenggarakan
oleh anggota dewan dari Podcasting perusahaan Odeo. Dalam pertemuan tersebut,
Jack Dorsey memperkenalkan ide twitter dimana individu bisa menggunakan SMS
layanan untuk berkomunikasi dengan sebuah kelompok kecil. Proyek ini dimulai
pada tanggal 21 secara terbuka pada tanggal 15 Juli 2006. Twitter menjadi
perusahaan sendiri pada bulan April 2007.
Popularitas Twitter mulai meningkat pada tahun 2007 ketika
terdapat festival South by Southwest (SXSW). Selama acara tersebut berlangsung,
penggunaan Twitter meningkat dari 20.000 kicauan per hari menjadi 60.000.
Reaksi di festival itu sangat positif.
Pada tanggal 14 September 2010, Twitter mengganti logo dan
meluncurkan desain baru.
[sunting] Pertumbuhan
Sudah lebih dari 400.000 kicauan dikirim-tampil (post) per
kuartal pada tahun 2007. Kemudian berkembang menjad 100 juta kicauan
dikirim-tampil per kuartal pada 2008. Pada akhir tahun 2009, 2 miliar per
kuartal kicauan sudah dikirim-tampil. Pada kuartal pertama tahun 2010, 4 miliar
kicauan yang dikirim-tampil. Pada bulan Februari 2010 pengguna Twitter
mengirimkan 50 juta per hari. Pada Juni 2010, sekitar 65 juta kicauan yang
dikirim-tampil setiap hari, setara dengan sekitar 750 kicauan dikirim setiap
detik, menurut Twitter.
Pengguna Twitter akan menjadi lebih aktif ketika ada
kejadian menonjol. Sebagai contoh, rekor diciptakan pada Piala Dunia 2010,
ketika penggemar menulis 2940 kicauan per detik di kedua periode 30 setelah
Jepang mencetak gol melawan Kamerun pada tanggal 14 Juni 2010. Rekor dipatahkan
lagi ketika 3085 kicauan per detik yang dikirim-tampil setelah kemenangan Los
Angeles Lakers di Final NBA 2010 pada tanggal 17 Juni 2010. Hal ini pun terjadi
ketika penyanyi Michael Jackson meninggal dunia pada tanggal 25 Juni 2009,
server Twitter turun karena pengguna memperbarui status mereka untuk memasukkan
kata-kata "Michael Jackson" pada tingkat 100.000 kicauan per jam.
[sunting] Secara Keseluruhan
[sunting] Pesan
Pengguna dapat menulis pesan berdasarkan topik dengan
menggunakan pagar (#) (hashtag). Sedangkan untuk menyebutkan atau membalas
pesan dari pengguna lain bisa menggunakan tanda @.
Pesan pada awalnya diatur hanya mempunyai batasan sampai 140
karakter disesuaikan dengan kompatibilitas dengan pesan SMS, memperkenalkan
singkatan notasi dan slang yang biasa digunakan dalam pesan SMS. Batas karakter
140 juga meningkatkan penggunaan memperpendek layanan URL seperti bit.ly, goo.gl,
dan tr.im, dan jasa hosting konten, seperti Twitpic, Tweephoto, memozu.com dan
NotePub untuk mengakomodasi multimedia isi dan teks yang lebih panjang daripada
140 karakter. Twitter menggunakan bit.ly untuk memperpendek otomatis semua URL
yang dikirim-tampil.
[sunting] Konten Dalam Twitter
[sunting] Laman Utama (Home)
Pada halaman utama kita bisa melihat kicauan yang dikirimkan
oleh orang-orang yang menjadi teman kita.
[sunting] Profil
Pada halaman ini yang akan dilihat oleh seluruh orang
mengenai profil atau data diri serta kicauan yang sudah pernah dikirim-tampil.
[sunting] Pengikut (Follower)
Pengikut adalah pengguna lain yang ingin menjadikan kita
sebagai teman. Bila pengguna lain menjadi pengikut akun seseorang, maka kicauan
seseorang yang ia ikuti tersebut akan masuk ke dalam halaman utama.
[sunting] Ikutan (Following)
Kebalikan dari pengikut, ikutan adalah akun seseorang yang
mengikuti akun pengguna lain agar kicauan yang dikirim oleh orang yang diikuti
tersebut masuk ke dalam halaman utama.
[sunting] Gamitan[4] (Mentions)
Biasanya konten ini merupakan balasan dari percakapan agar
sesama pengguna bisa langsung menandai orang yang akan diajak bicara.
[sunting] Favorit
Kicauan ditandai sebagai favorit agar tidak hilang oleh
halaman sebelumnya.
[sunting] Pesan Langsung (Direct Message)
Fungsi pesan langsung lebih bisa disebut SMS karena
pengiriman pesan langsung di antara pengguna tanpa ada pengguna lain yang bisa
melihat pesan tersebut kecuali pengguna yang dikirimi pesan.
[sunting] Tagar[5] (Hashtag)
Tagar yang ditulis di depan topik tertentu agar pengguna
lain bisa mencari topik yang sejenis yang ditulis oleh orang lain juga
[sunting] Senarai[6] (List)
Pengguna twitter dapat mengelompokkan ikutan mereka ke dalam
satu grup atau senarai sehingga memudahkan untuk dapat melihat secara
keseluruhan para nama pengguna (username) yang mereka ikuti (follow).
[sunting] Topik Hangat (Trending Topic)
Topik yang sedang banyak dibicarakan banyak pengguna dalam
suatu waktu yang bersamaan.
[sunting] Isi Kicauan
Isi Kicauan menurut Pear Analytics.
Berita
Spam
Promosi diri
Celoteh tidak
berarti
Percakapan
Nilai lewat-terus
(pass-along)
[sunting] Peringkat
Twitter adalah merupakan salah satu dari 10 situs web yang
paling sering dikunjungi di seluruh dunia oleh Alexa trafik web analisis.
Februari 2009 Compete.com blog entry mengatakan bahwa Twitter berada di tingkat
ketiga sebagai situs yang digunakan jaringan sosial berdasarkan jumlah
pengunjung bulanan sebanyak 6 juta pengunjung. Pada bulan Maret 2009,
Nielsen.com blog menyatakan Twitter sebagai situs yang tumbuh tercepat--dalam
kategori Komunitas Anggota. Twitter memiliki pertumbuhan bulanan sebesar
1.382%, meningkat dari 475.000 pengunjung pada Februari 2008 menjadi 7 juta
pada Februari 2009.
[sunting] Aplikasi pihak ketiga
Kurang dari setengah kicauan yang dikirim-tampil menggunakan
web, sedangkan sebagian besar pengguna menggunakan aplikasi pihak ketiga
(berdasarkan analisis 500 juta kicauan oleh Sysomos). Ada banyak alat atau aplikasi
dari twitter. Beberapa di antarnya adalah aplikasi TweetDeck, Salesforce.com,
HootSuite, Twitterfeed, UberSocial, Snaptu, TweetWawa, WriteLonger,
SimpleTweet, Gravity
[sunting] Demografi
Menurut sebuah studi oleh Sysomos pada bulan Juni 2009, perempuan
membentuk sebuah demografi Twitter lebih besar daripada laki-laki dimana
persentasenya adalah 53% lebih dari 47%. Ia juga menyatakan bahwa 5% dari
pengguna menyumbang 75% dari semua aktivitas, dan bahwa New York memiliki
Twitter sebagian besar pengguna.
Pada perkembangannya, Twitter yang awalnya dirancang untuk
digunakan oleh orang dewasa sebagai sarana pendukung dalam pekerjaan, sekarang
ini justru didominasi oleh remaja. Hal ini dikarenakan fungsi Twitter yang
sekarang sebagai wadah berkumpulnya para penggemar artis-artis. Bisa saja
pengguna twitter tersebut adalah selebritis atau hanya sekedar basis fans.
Dengan begitu para pengikut akun selebritis tersebut bisa memantau berita
terbaru dari sang selebritis. Selebritis yang pertama kali menjaing satu juta
pengikut dan juga sebagai pelopor akun selebritis adalah Ashton Kutcher.
Kemudian diikuti oleh Oprah Winfrey, Britney Spears,Justin Bieber,Lady Gaga.
[sunting] Kerahasiaan pribadi dan keamanan
Menanggapi pelanggaran keamanan Twitter, Federal Trade
Commission membawa tuduhan terhadap layanan yang telah diselesaikan pada
tanggal 24 Juni 2010. Ini adalah pertama kalinya FTC telah mengambil tindakan
melawan jaringan sosial untuk penyimpangan keamanan. Penyelesaiannya Twitter
memerlukan sejumlah langkah untuk mengamankan informasi pribadi sehingga
"program keamanan informasi yang komprehensif" untuk secara
independen diaudit dua kali setahun.
Pada tanggal 21 September 2010, Sebuah cacing komputer
(worm) XSS aktif di Twitter. Ketika sebuah akun pengguna mengirim kicauan,
cacing komputer dalam skrip secara otomatis akan membuka tautan dan
mengirim-tampil dengan sendirinya. Yang lebih parah kemudian digunakan untuk
mengirim sembulan iklan (pop-up ad) dan tautan ke situs porno.
[sunting] Penggunaan Twitter di Indonesia
Di Indonesia, Twitter sangat populer. Terlebih lagi,
kemudahan yang disediakan oleh telepon seluler yang ada serta aplikasi yang
mendukung. hal ini membuat Indonesia menduduki peringkat ke enam sebagai negara
dengan pengguna Twitter terbanyak, meski Amerika masih menjadi negara nomor
satu untuk urusan Twitter.[7]
[sunting] Riset dan Kritik
Banyak yang mengatakan bahwa twitter adalah cara yang baik
untuk tetap berhubungan dengan teman-teman. Namun, beberapa pengguna merasa
'terlalu' terhubung, karena mereka selalu menerima pesan yang tidak relevan
dengan kebutuhan mereka.
Berbagai penelitian di sekitar Twitter telah dilakukan
seperti bidang sosiologi dan perilaku. Sebuah penelitian dilakukan Bruno
Goncalves menyatakan bahwa jaringan sosial modern membantu seseorang
berinteraksi namun kendala biologis dan fisik membatasi hubungan sosial secara
stabil.[8]
Nielsen Online melaporkan bahwa Twitter memiliki tingkat
pemeliharaan pengguna sebesar 40%. Banyak orang berhenti menggunakan layanan
ini setelah satu bulan karena situs ini berpotensi mencapai hanya sekitar 10%
dari semua pengguna internet.
Pada bulan Maret 2009, komik strip Doonesbury mulai
menyindir Twitter. Banyak karakter menyoroti kicauan yang mengikuti
pemutakhiran topik hangat (trend updates) terus-menerus. SuperNews! juga
mengatakan bahwa Twitter sebagai kecanduan dan mengatakan kicauan tidak lebih
dari “teriakan ke kegelapan berharap seseorang mendengarkan”.
Scott A. Golder dan Michael W. Macy menganalisis lebih dari
500.000 update oleh 2,4 juta pengguna Twitter di 84 negara selama 2 tahun. Data
dibagi menjadi kelompok-kelompok update berdasarkan jam. Temuan menunjukkan
Twitter menegaskan pola seharian.[9]
Alessio Signorini menggunakan data menciak pengguna Twitter
untuk mengganalisis tingkat penyebaran flu H1N1 di Amerika Serikat.[10] Marcel
Salathé dan Shashank Khandelwal melacak bagaimana pola pikir pengguna Twitter
berkorelasi dengan tingkat partisipasi vaksinasi H1N1 dan bagaimana perasaan
negatif atau positif mempengaruhi pengguna lain
Tidak ada komentar:
Posting Komentar